DASAR DAN PRINSIP KERJA KOMPRESOR
Kompressor meruapakan suatu alat
pemampat atau pengkompresi udara. Karena adanya proses pemampatan tersebut,
udara yang dihasilkan mempunyai tekanan yang tinggi jika dibandingkan dengan
tekanan udara luar pada umumnya. Sebagai contoh ketika memompa ban sepeda motor
atau mobil, serta penggunaan udara bertekanan untuk keperluan kebersihan atau
membersihkan suatu tools atau alat yang digunakan untuk bekerja. Sedangkan di
dunia industry kompressor merupakan komponen yang berperan sangat penting
sebagai satu kesatuan dari mesin mesin. Udara bertekanan dari kompressor juga
digunakan dalam system pneumatic, pada turbin gas udara bertekanan menjadi satu
di dalam mesin, di dalam mesin pendingin juga membutuhkan udara bertekanan yang
dihasilkan oleh kompressor. Di dalam kehidupan sehari hari, sering dijumpai
kompressor yang digunakan bengkel bengkel yaitu kompressor udara penggerak
motor bakar atau biasanya disebut dengan kompressor torak atau reciprocating.
Prinsip
kerja reciprocating compressor sangat mudah yaitu langkah pertama hissap, torak
bergerak ke bawah karena adanya tarikan engkol. Di dalam ruang silinder tekanan
menjadi negative di bawah 1 atm, katup hisap terbuka karena adanya perbedaan
tekanan dan udara dimampatkan. Kemudain torak bergerak keatas, katup hisap
tertutup dan udara dimampatkan. Karena udara mampat, katup keluar menjadi
terbuka.
KLASISIKASI KOMPRESSOR
Berbeda dengan pompa yang
klasifikasinya berdasarkan pola aliran, klasifikasi kompresor dibedakan
berdasarkan tekanannya atau cara pemampatannya. Secara umum klasifikasi
berdasarkan pemampatannya dibedakan menjadi dua, yaitu jenis turbo dan jenis
perpindahan. Jenis turbo menggunakan gaya sentrifugal yang diakibatkan oleh
putaran impeller sehingga udara mengalami kenaikan energy yang akan diubah
menjadi energy tekanan. Sedangkan jenis perpindahan, dengan memperkecil volume
udara yang dihisap ke dalam silinder atau stator dengan torak atau sudu.
Kompressor yang diklasifikasikan berdasarkan tekanan adalah kompresor dengan
pemampatan tekanan tinggi, blower peniup dan untuk fan.
Kompresor jenis perpindahan
beroperasi pada tekanan sedang sampai tekanan tinggi. Kompresor jenis ini
dibedakan berdasarkan bentuk kontruksinya, screw, sudu luncur atau vane, dan
roots.
roots compressor
DASAR TERMODINAMIKA KOMPRESI
Fluida
terdiri dua macam yaitu fluida yang mampu di mampatkan dan tak mampu di
mampatkan. Fluida yang tidak bias di mampatkan adalah fluida yang berbentuk zat
cair, sedangkan fluida yang mampu di mampatkan adalah gas. Udara adalah gas
yang akan di kompresi di dalam kompresor. Perubahan tekanan dan temperature
pada udara mengakibatkan perubahan massa jenis udara. Proses pemampatan akan
menaikkan tekanan dan temperature, bersamaan dengan itu terjadi perubahan
volume sehingga tingkat kerapatan udara juga berubah.
Hubungan antara massa jenis dengan volume pada
proses pemampatan dapat dilihat dari persamaan berikut :
Apabila nilainya kecil, maka massa
jenis akan bertambah besar. Udara mampat mempunyai massa jenis yang lebih besar
di bandingkan dengan udara luar. Untuk memudahkan analisis udara dianggap gas
ideal pada proses termodinamika, sehingga memenuhi persamaan gas ideal.
Proses
kompresi gas pada kompresor secara termodinamika dapat melalui tiga cara, yaitu
proses isothermal, adiabatic, dan politropik. Ketiga carsa tersebut menjadi
dasar perancangan dari proses kompresi sebenarnya dari kompresor.
JENIS PENGGERAK DAN SPESIFIKASI KOMPRESOR
Kompresor
merupakan mesin yang membutuhakn penggerak dari luar. Penggerak yang dapat
dipakai adalah motor listrik atau motor bakar. Motor listrik mempunyai
keunggulan yaitu tidak berisik, tidak menimbulkan polusi, murah, dan
pemeliharaanya mudah.
Motor listrik
yang biasa dipakai yaitu motor listrik induksi karena factor daya dan efisiensi
lebih rendah dibandingkan dengan motor sinkron. Motor bakar dipakai apabila
kompresor beroperasi pada daerah yang tidak ada listrik, atau jenis
kompresornya portable. Untuk daya daya yang kecil dapat menggunakan mesin
bensin dan untuk daya yang besar digunakan mesin diesel. Pemilihan transmisi
utuk mentransmisikan daya dari motor penggerak. Untuk motor penggerak motor
listrik biasa dipakai sabuk V, kopling tetap, atau rotor terpadu. Sedangkan
untuk motor penggerak motor bakar dapat dipakai transmisi, kopling tetap, atau kopling
gesek.
Laju volume gas dan tekanan kerja
adalah dua hal yang penting dalam pemilihan kompresor. Kalau dua hal tersebut
sudah ditentukan,maka daya kompresor dapat diketahui dengan mengaplikasikan
persaman di atas. Laju volume gas atau kapasitas pada kompresor torak yang
biasa tertulis dalam katalog, menyatakan kapasitas perpindahan toraknya
sedangkan pada kompresor turbo biasanya kapasitas sebenarnya. Kompresor akan
bekerja dengan efisiensi adiabatic maksimum pada kondisi kapasitas normal,
apabila bekerja pada kapasitas rendah atau terlalu tinggi akan turun
efisiensinya. Dengan alasan tersebut, pemilihan kapasitas harus benar, sehingga
kompresor akan bekerja dengan efisiensi maksimum.
Perhitungan
laju volume untuk kompresor torak
Tekanan kerja
kompresor harus sama dengan tekanan kerja peralatan yang akan dilayaninya.
Tekanan kerja tidak boleh terlalu rendah jauh di bawah tekanan normalnya,
karena kompresor akan bekerja tidak pada efisiensi maksimumnya. Perhitungan
tekanan kerja normal dari kompresor adalah jumlah dari tekanan yang di butuhkan
peralatan ditambah dengan kerugian tekanan disepanjang saluran.
Dalam menentukan kompresor ada
beberapa spesifikasi yang harus diketahui sebelum membeli kompresor,
diantaranya sebagai berikut :
1. Tujuan
penggunaan kompresor
2. Tekanan
hisap
3. Tekanan
keluar
4. Jenis dan
sifat gas yang ditangani
5. Temperature
dan kelembapan gas
6. Kapasitas
aliran volume gas yang diperlukan
7. Peralatan
yang mengatur kapasitas
8. Cooling
system
9. Main power
10. Kondisi
dan lingkungan tempat instalasi
11. Jenis
penggerak mula, putaran penggerak mula
12. Tipe
kompresor dan jumlah yang dibutuhkan
KONTRUKSI KOMPRESOR TORAK
Karena proses kompresi yang menaikan suhu
udara mampt, pada silinder kompresor torak dipasang system pendingin, yaitu
sirip sirip untuk pendinginan dengan udara. Untuk pendinginan yang menggunakan
air, prinsipnya sama dengan media yang berbeda. Pada gambar tidak terdapat
sirip sirip pada silinder tetapi menggunakan selubung air di dalam bloknya.
Pada kepala silinder juga terdapat dua katup yaitu hisap dan buang. Untuk yang
bekerja ganda terdapat tutup atas dan tutup bawah.
pendinginan dengan udara
pendinginan dengan menggunakan air
Karena
proses pemampatan tekanan di dalam silinder naik, sehingga silinder harus
dibuat cukup kuat untuk menahan tekanan yang tinggi. Biasanya dipakai besi cor
dengan kombinasi pendinginan, dengan maksud silinder tidak menerima dua
pembebanan sekaligus yaitu tekanan tinggi dan temperature tinggi.
konstruksi kompresor torak silinder
Volume di
dalam silinder dapat berubah – ubah karena adanya torak yang berfungsi sebagai
pemampat. Pengaturan udara masuk dan keluar, dari dan kedalam silinder diatur dengan mekanisme katup.
Cara kerja katup yaitu dengan adanya perbedaan tekanan. Ketika kondisi tekanan
di dalam silinder vakum, katup hisap akan terbuka. Karena adanya desakan dan
tekanan yang cukup kuat dari silinder tersebut sehingga katup buang dapat
terbuka. Katup harus bekerja dalam tekanan dan panas yang tinggi. Pada katup
hisap dipasang filter atau penyaring, berfungsi sebagai penyaring partikel
partikel yang terbawa oleh udara luar yang akan di hisap masuk.
Komponen yang tak kalah penting di
kompresor torak yaitu poros engkol dan connecting road atau batang penggerak.
Kedua komponen ini bertugas mengubah gerakan putar poros menjadi gerak bolak
balik torak. Gerakan putar diperoleh poros engkol dari motor penggerak yaitu
motor bakar atau motor listrik. Poros motor penggerak dan poros engkol dapat
dikopel langsung, atau dengan transmisi. Untuk menyeimbangkan gerakan dan juga
memperhalus getaran pada poros engkol dipasang pemberat. Poros engkol dan
peralatan tambahan lainnya ditopang dengan kotak enkol, kotak enkol harus kuat
dan mampu menahan getaran dari pergerakan torak pada silinder. Poros engkol
ditopang dengan bantalan pada bak engkol. Pemilihan bantalan bergantung dari
ukuran kompresornya. Bantalan luncur dengan terbelah dua atau empat banyak
dipakai, untuk bantalan gelinding dipakai yang berjenis bola.
Kompresor adalah alat untuk melayani
udara mampat dari tekanan rendah sampai tekanan tinggi. Untuk peralatan
pemampat udara dengan tendon penyimpan udara bertekanan, apabila suplai udara
bertekanan melebihi dari kapasitas dari yang dibutuhkan, tekanan akan naik
tidak terkontrol pada tangki udara, hal ini sangat membahaykan karena tangki
da[at pecah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu katup pembebas
beban. Dengan alat ini, dapat mengatur laju udara yang dihisap sesuai dengan
laju aliran keluar yang dibutuhka. Pembebeas dapat di golongkan menurut azas
kerjanya , yaitu :
1. Pembebas
beban katup hisap
2. Pembebas
celah katup
3. Pembebas
beban trotel hisap.
4. Pembebas
dengan pemtuus otomatis.
Komponen kompresor torak yang bekerja
dengan pembebanan tinggi berakibat cepat panas karena gesekan atau menerima
panas dari proses pemampatan. Untuk mengurangi gesekan dan mendinginkan
komponen seperti torak, dinding silinder, poros engkol, batang torak, dan
komponen lain terutama yang bergerak dan diperlukan pelumasan. Dengan
memberikan pelumas komponen akan terjaga. Panas yang berlenbiham pada kompinen
juga dapat dihindari, keausan komponen berkurang, dan kebocoran udara dari
ruang silinder ke luar lewat cincin torak dapat dihindari.
konstruksi pelumasan kompresor torak
Dengan metode ini minyak pelumas
di distribusikan ke semua bagian komponen yang akan dilumasi dengan pompa
minyak. Tekanan pompa minyak diatur oleh sebuah alat pengatur tekanan. Minyak
sebelum di salurkan terlebih dahulu ke penyaring minyak pelumas. Metode
pelumasan lain adalah dengan pelumasan minyak dalam dimana metode ini banyak
dipakai untuk kompresor kapasitas sedang dan besar. Jenis pompa minyak yang
dipakai adalah pompa plunyer bertekanan tinggi. Untuk pelumasan luar digunakan
pompa roda gigi.
Peralatan tambahan yang dipasang
pada kompresor toraka dalah sebagai berikut :
1. Saringan
udara, digunakan sebagai penyaring udara luar yang akan dihisap.
2. Katup
pengaman, dipasang pada pipa keluar dan bekerja apabila tekanan mencapai 1,2
kali tekanan normal maksimum dari kompresor
3. Tangki
udara, fungsi tangki udara adalah sebagai penampung sekaligus pengatur
kapasitas udara mampat.
KONSTRUKSI KOMPRESOR SCREW
Kompresor screw adalah termasuk jenis
kompresor perpindahan positif. Berbeda dengan kompresor torak yang mempunyai
banyak komponen pemampatan, kompresor screw hanya terdiri dari dua buah screw
atau ulir. Dua buah screw ini merupakan komponen pemampatan seperti torak pada
kompresor torak. Screw pertama mempunyai bentuk seperti cembung dan yang kedua
berbentuk seperti cekungan. Bergerak memutar, sehingga lebih halus, sedikit
menimbulkan getaran, dan ini sangat menguntungkan apabila dioperasikan dalam
keadaan putaran yang sangat tinggi.
Berbeda dengan kompresor torak,
hasil udara yang dihasilkan oleh kompresor ini cenderung lebih stabil atau
continue. Kompresor screw dibedakan menjadi dua yaitu Screw dengan injeksi
minyak, dan bebas minyak. Injeksi minyak menggunakan pelumas yang berfungsi
ganda sebagai pendingin dan pelumas. Minyak akan mendinginkan udara selama
proses kompresi sehingga energy kompresi menjadi lebih kecil. Hal nii sesuai
dengan teori kompresi isothermal, yaitu selama proses kompresi berlangsung
hingga selesei, tidak ada perubahan suhu dengan kerja yang minimal.
proses pemampatan kompresor screw
Sebagai
pelumas, minyak akan melumasi kedua permukaan sekrup yang saling bersinggungan
sekaligus sebagai perapat untuk mencegah yang saling bersinggungan dan mencegah
kebocoran selama kompresi. Kompresor digerakkan oleh motor listrik yang
berhubungan langsung dengan proses sekrup yang cembung. Poros kompresor ditumpu
dengan bantalan rol atau bantalan bola. Pada gambar diatas, udara dihisap masuk
kedalam kompresor melalui saringan udara, setelah dimampatkan bersamaan dengan
pelumasan, kemudain dialirkan ke pemisah minyak yang sekaligus sebagai
pendingin minyak dan udara mampat dialirkan keluar melalui katup.
proses pemampatan kompresor screw injeksi minyak
Peralatan pembantu untuk
kompresor screw sama dengan kompresor tipe torak, hanya satu yang lain yaitu
tidak adanyatangki udara. Hal ini dapat dijadikan satu tempat untuk mngisolasi
udara yang timbul.
KONSTRUKSI VANE COMPRESSOR (kompresor
sentrifugal)
Dinamakan demikian karena pada kompresor ini
mempunyai sudu sudu seperti pompa sentrifugal. Sudu sudu tersebut terpasar pada
rotor. Letak rotor tepat berada di titik tengah silinder, ruang di antara sudu
sudu menjadi tidak sama. Hal itu bertujuan utuk proses pemampatan pada waktu
rotor diputar. Pada saat poros dan rotor berputar, pada daerah hisap volume
membesar sehingga tekanan menjadi vakum dan udara akan terhisap. Udara yang
terjebak di antara sudu sudu akan di desak keruang yang lebih sempit lagi yaitu
di daerah pembuangan.
proses di dalam vane kompresor
komponen kompresor vane
1.
Pembebas beban hisap
2.
Sudu
3.
Bantalan rol
4.
Kopling gigi
5.
Silinder tekanan rendah
6.
Rotor
7.
Silinder tekanan tinggi
8.
Pompa minyak pembilas
9.
Pompa minyak utama
Pada gambar diatas menunjukkan kompresor vande dengan sudu luncur
bertingkat. Rotor dengan poros menjadi satu, dan kedua ujungnya ditumpu dengan
bantalan. Rotor dihubungkan dengan kopling roda gigi. Pelumasan dan pendinginan
dilayani oleh pompa minyak yang dipasang pada kedua ujung poros. Kompresi jenis
ini biasanya terdapat pada kompresi yang menggunakan injeksi minyak. Sudu yang
keluar dari permukaan silinder harus dilumasi sehingga keausan material dapat
diminimalkan.
Materi akan kompressor tersampaikan dengan baik.
BalasHapusprinsip dan konstruksi kompressor pada tiap-taip tipe kompressor cukup baik namun masih dapat dikembangkan lebih detail
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan Chemical yang tepat kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical
Hand sanitizer
Evaporator
Oli Grease
Karung
Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
Casino Online - Dr. Md.gov
BalasHapusA casino may offer certain games that 안양 출장샵 are 세종특별자치 출장샵 not available in your region. 울산광역 출장안마 This means you will 태백 출장마사지 need to play 신규 바카라 사이트 your favorite games like roulette, blackjack, and